Jumat, 10 November 2023

Abnormalitas pada Retina Mata Pemicu Masalah Pandangan

 Retina adalah susunan tipis yang ada di sisi belakang bola mata. Perannya ialah terima rangsangan sinar dan mengirimi informasi visual ke otak hingga mata bisa menyaksikan secara baik.

Diterangkan oleh dokter specialist mata konselor vitreo-retina Elvioza, masalah dan penyakit pada retina dapat mengakibatkan masalah pandangan, bahkan juga kebutaan.

Beberapa macam abnormalitas pada retina diantaranya:

1. Ablasio retina

Ablasio retina adalah masalah kesehatan mata yang terjadi karena lepasnya susunan retina. Keadaan ini disebabkan karena lubang atau robekan pada retina.

Ablasio retina termasuk kegawatdaruratan yang membutuhkan pengatasan cepat. Keadaan ini mempunyai potensi mengakibatkan kebutaan bila tidak selekasnya dilaksanakan perlakuan operasi.

Tanda-tandanya diantaranya ada bintik hitam yang melayang-layang, cahaya seperti kilatan, dan masalah lega pandang.

2. AMD (age-related macular degeneration)

Degradasi makula ialah masalah pandangan karena berkurangnya peranan makula. Keadaan ini terdiri jadi dua type, yakni type kering dan basah.

AMD type kering (neovaskular AMD) dipacu oleh perkembangan abnormal pembuluh darah dan alami kebocoran.

"Sekitaran 80 % perjalanan penyakit ini akan usai dengan kebutaan bila tidak diobati). Sementara AMD type kering cuma 10 % dampak negatifnya," tutur dokter Elvioza.

Sekarang ini sudah datang penyembuhan nAMD terkini yakni Faricimbab dengan penyuntikan tiap empat bulan sekali. Tujuan penyembuhan ini ialah menghambat perburukan kebocoran pembuluh darah hingga pandangan masih tetap konstan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

10 Dampak Samping Minum Teh Terlalu berlebih yang Perlu Diketahui

Apa kamu adalah barisan pecinta teh, yang penting minum teh lebih dari 4 cangkir tiap hari? Memang teh banyak memiliki faedah, tapi bagaiman...