Selasa, 14 November 2023

8 Penyebab Gatal Tanpa Ruam pada Kulit, Bisa Jadi Gejala Kanker

Gatal dan ruam ialah tanda-tanda yang nampaknya jalan bersama. Tetapi, ialah mungkin untuk alami kulit gatal tanpa ruam yang kelihatan atau peralihan kulit yang kelihatan. Pemicu gatal di kulit tanpa ruam umumnya tidak beresiko. Keadaan ini kerap disangkutkan permasalahan periode pendek, seperti kulit kering atau gigitan serangga. Disamping itu, kadangkala keadaan ini disangkutkan permasalahan saraf, ginjal, tiroid, atau hati. 

Simak juga: Kulit Gatal Dapat Jadi Kanker, Ketahui Tanda-tandanya Bergantung pada pemicunya, seorang mungkin alami kesan gatal di semua badan mereka atau di satu tempat tertentu. Rasa gatal bisa bervariatif dari enteng sampai berlebihan. Bila seorang cemas mengenai gatal-gatal yang tidak bisa diterangkan, gatal-gatal berlebihan, atau gatal-gatal yang berjalan lama, mereka harus menjumpai dokter untuk memperoleh pengatasan. Berikut sejumlah pemicu gatal tanpa ruam, seperti dikutip dari Medical News Today. 

1. Kulit kering Kulit kering, atau xerosis, ialah keluh kesah yang umum. Kulit mulai bisa berasa gatal saat kehilangan kelembapan. Kulit kering bisa mengakibatkan kulut bersisik. Ini biasa terjadi pada beberapa orang lansia. Beberapa kiat berikut bisa menolong memudahkan kulit kering dan menghambatnya jadi kering selanjutnya: Jauhi memakai sabun berbahan kimia keras karena bisa keringkan kulit. Sebagai penggantinya, coba untuk memakai sabun dan produk perawatan kulit yang hipoalergenik dan bebas pewangi. Pakai pelembab udara di dalam rumah untuk menambahkan kelembapan udara. Ini menolong menghambat kulit kering berkaitan musim dingin. Poleskan pelembab dengan teratur, khususnya sesudah mandi. Jauhi mandi lebih dari 10 menit. Disamping itu, menjaga supaya air masih tetap suam-suam kuku. Jangan sering mandi, cukup 2x saja. Jauhi menggaruki kulit yang kering karena dapat menghancurkan permukaan kulit. Bila kulit pecah, seorang memungkinkan alami jaringan parut dan infeksi. 

2. Gigitan serangga Gigitan nyamuk, laba-laba, dan serangga yang lain bisa membuat kulit disekitaran gigitan berasa gatal dan iritasi. Gigitan serangga bisa tinggalkan lubang yang kecil atau tempat seperti tusukan jarum. Tetapi, mereka dapat benar-benar kecil hingga seorang mungkin alami gatal tapi tidak menyaksikan gigitan yang sebetulnya. Banyak serangga bisa menggigit seorang — termasuk kutu busuk , nyamuk, dan kutu — dan perawatannya bisa bervariatif bergantung pada tipe serangga yang mengakibatkan gigitan. Bila seorang terus alami gatal-gatal sesudah digigit serangga, mereka harus menjumpai dokter. Jauhi menggaruki tempat itu karena bisa jadi memperburuk rasa gatal. Disamping itu, jangan pakai antibiotik tropis yang dipasarkan bebas seperti Neosporin karena sebagian orang bisa meningkatkan reaksi alergi di kulit mereka. 

Simak juga: 4 Pemicu Mulut Gatal, Ada yang Dapat Memberikan ancaman Nyawa 3. Efek dari beberapa obat tertentu Kulit gatal ialah efek yang biasa dari banyak obat. Keadaan ini bisa terjadi tanpa atau dengan ruam. Tetapi, tidak tiap orang akan alami efek ini waktu konsumsi beberapa obat ini. Beberapa obat berikut mempunyai kulit gatal sebagai kemungkinan efek: resep pembasmi merasa sakit dalam kelompok opioid, seperti acetaminophen, morphine, dan fentanyl sejumlah obat yang turunkan tekanan darah Bila seorang curigai jika obat mengakibatkan kulit gatal, mereka harus bicara sama dokter. 

4. Masalah saraf Saraf sampaikan pesan dari kulit ke otak. Permasalahan dengan saraf bisa mengakibatkan gatal atau ngilu di kulit tanpa mengakibatkan kerusakan yang sebetulnya. Sejumlah keadaan berkaitan saraf bisa mengakibatkan gatal atau kesan lain di kulit tanpa mengakibatkan ruam. Keadaan itu diantaranya: stroke diabetes neuralgia postherpetic , kompleksitas herpes zoster Menurut American Academy of Dermatology, diabetes bisa mengakibatkan beragam permasalahan kulit. Contohnya, gatal bisa disebabkan oleh neuropati diabetik, yaitu kompleksitas diabetes yang mengakibatkan kerusakan saraf. Luka yang memengaruhi saraf atau mengakibatkan kerusakan saraf bisa membuat kulit berasa gatal. Tempat yang dirasa gatal akan bergantung pada lokasi luka. Perawatan untuk gatal berkaitan saraf bergantung pada pemicu yang memicunya. Bila seorang curigai jika mereka mempunyai masalah saraf, mereka bisa bicara sama dokter untuk ketahui apa yang mungkin mengakibatkan tanda-tanda tertentu. 

5. Penyakit ginjal Penyakit ginjal, khususnya pada fase lanjut, bisa mengakibatkan gatal-gatal tanpa ruam. Pemicu gatal pada penyakit ginjal tidak dikenali baik, tapi beberapa periset yakin jika banyak faktor yang terturut. Bila seorang ketahui jika mereka mempunyai permasalahan ginjal dan memulai meningkatkan kulit gatal, mereka harus mengontak dokter. Dokter akan jalankan test untuk menyaksikan berapa baik ginjal bekerja. Pada beberapa kasus, seorang mungkin membutuhkan dialisis atau bersihkan darah. Dermatologis dapat memberi resep salah satunya dari sejumlah obat untuk menolong orang dengan kulit gatal karena penyakit ginjal. Simak juga: Kenapa Pasien Diabetes Kerap Alami Gatal? 

6. Penyakit hati Penyakit hati seperti sirosis dan hepatitis, bisa mengakibatkan gatal-gatal di kulit. Tidak terang kenapa, tapi sejumlah menyangkutkan kesan ini dengan penimbunan empedu yang terlalu berlebih pada tubuh. Rasa gatal condong lebih kronis di telapak tangan dan telapak kaki. Paparan panas umumnya jadi memperburuk rasa gatal, dan orang umumnya mengetahui jika itu tambah jelek pada malam hari. Opsi penyembuhan umumnya bergantung pada tipe penyakit hati yang dipunyai seorang. 

7. Kanker kulit Kanker kulit tidak selamanya memunculkan tanda-tanda yang bermakna. Tetapi, sebagian orang mungkin menyaksikan kulit gatal pada lesi kulit awalnya atau baru sebagai tanda-tanda awalnya. Tanda-tanda lain mungkin termasuk perubahan lesi baru atau peralihan di kulit. Opsi penyembuhan terbaik untuk kanker kulit bergantung pada tipe, lokasi, dan fasenya. Simak juga: Panduan Menghambat Gatal karena Eksim di Malam Hari 8. Limfoma Hodgkin Gatal tanpa ruam bisa terjadi dari mereka yang menanggung derita limfoma Hodgkin atau kanker sel darah. Tanda-tanda lain dari limfoma Hodgkin mencakup: bengkak kelenjar getah bening, seperti pada leher, selangkangan, atau ketiak kehilangan selera makan panas dingin demam keringat malam pengurangan berat tubuh yang tidak bisa diterangkan Opsi penyembuhan limfoma Hodgkin termasuk kemoterapi , therapy radiasi , dan transplantasi sumsum tulang atau sel induk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

10 Dampak Samping Minum Teh Terlalu berlebih yang Perlu Diketahui

Apa kamu adalah barisan pecinta teh, yang penting minum teh lebih dari 4 cangkir tiap hari? Memang teh banyak memiliki faedah, tapi bagaiman...